3 Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak demi Perkembangan Optimal

makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak

Pastinya Anda sebagai orang tua, menginginkan si kecil tumbuh menjadi cerdas dan sehat. Namun, kecerdasan otak dipengaruhi tidak hanya unsur genetik, namun juga asupan makanan. Sehingga Anda perlu memberikan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak seperti berikut ini.

1. Yoghurt

Menurut para ahli, baik pertumbuhan maupun perkembangan dari bayi harus didukung dengan adanya pengenalan MPASI yang dilakukan dengan bertahap. Sebagai tahap awal Anda bisa memberikan makanan dengan tekstur lunak, yaitu bubur dan ditambah dengan yoghurt.

Kandungan dalam yoghurt yaitu protein, lemak sehat, dan kalsium mampu untuk memenuhi kandungan gizi yang diperlukan si kecil. Selain itu, nutrisi di dalamnya juga mampu untuk membantu pertumbuhan dari sel otak anak. Kandungan probiotik di dalamnya juga mampu membangun microbiome supaya bayi menjadi semakin kuat.

Tekstur lembut pada yoghurt juga cocok untuk perkembangan anak pada usia 7 bulan. Namun, Anda tetap harus memberikan secara bertahap. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan sebagai awalan sekali dalam sehari. Saat usia anak Anda bertambah, dapat diberikan dua kali dalam sehari.

2. Bubur Pepaya

Pepaya merupakan pilihan terbaik untuk pemberian MPASI karena kaya dengan zat enzim berupa papain. Fungsi dari enzim ini yaitu membuat proses pencernaan menjadi lancar. Kandungan lain berupa zat besi dan asam folat mampu menjadi pendukung perkembangan dari otak anak. Selain itu, adanya kalsium dan zinc dalam pepaya mampu untuk menjaga kesehatan tulang anak.

3. Bubur Alpukat

Salah satu buah yang mempengaruhi kecerdasan otak buah hati Anda yaitu alpukat. Kandungan nutrisi berupa lemak vitamin C maupun vitamin A serta minera mampu membantu perkembangan kecerdasan anak Anda.

Lemak sehat dalam alpukat memang dibutuhkan sebagai perkembangan bayi. Kandungan lemak alpukat juga memiliki kontribusi besar untuk perkembangan pada sel otak. Selain itu, tekstur alpukat yang lembut membuat bayi menjadi semakin mudah untuk melahap.

Demikian jenis makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak yang bisa Anda berikan kepada si kecil. Dengan pemberian berbagai makanan tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan perkembangan otak buah hati Anda.

Share