BAREKSA Solusi Investasi Reksa Dana untuk Pemula Mulai 10K

Beli reksa dana cuma 10 ribuan? Ya, kalian nggak salah baca, guys. Salah satu resolusiku tahun ini memang menambah instrumen investasi, seperti reksa dana dan saham. Millenial seperti kita wajib sadar investasi untuk masa depan di tengah ketidakpastian ekonomi seperti saat ini.

Sebelum reksa dana aku juga bermain dengan investasi emas, namun berhubung harganya naik, aku memutuskan untuk membeli reksa dana saja. Reksa dana adalah alternatif bagi kita yang memiliki modal kecil untuk investasi. Jadi, reksa dana cocok bagi kita yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai investasi. Pastinya risikonya juga kecil, karena reksa dana sifatnya low risk low return.

reksadana

Reksa dana bisa digunakan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang, tergantung jenis reksa dana apa yang akan kita beli. Bagaimana cara membeli reksa dana dan saham? Sebelumnya, kita wajib mengetahui jenis-jenis reksa dana yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Reksa Dana Pasar Uang

Karakter yang dimiliki oleh reksa dana pasar uang yaitu risiko rendah, potensi imbal hasil rendah, pergerakan harga stabil, cocok untuk jangka waktu kurang dari 1 tahun.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap

Karakter dari reksa dana pendapatan tetap yaitu risiko moderat, potensi imbal hasil menengah, pergerakan sedikit fluktuatif, cocok untuk jangka waktu 1-3 tahun.

  • Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran memiliki karakter risiko dan potensi imbal hasil moderat tinggi, pergerakan fluktuatif, cocok untuk jangka menengah hingga panjang (3-5 tahun).

  • Reksa Dana Saham

Reksa dana saham memiliki risiko tinggi, potensi imbal hasil tinggi, pergerakan harga fluktuatif, cocok digunakan untuk investasi dengan jangka waktu di atas 5 tahun.

  • Reksa Dana Indeks

Karakter reksa dana indeks yaitu memiliki risiko dan potensi imbal hasil setara pasar, pergerakan harga fluktuatif, cocok untuk jangka waktu investasi di atas 5 tahun.

Kelima jenis reksa dana di atas bisa dijadikan pilihan untuk memulai investasi di reksa dana, guys. Aku sendiri memanfaatkan aplikasi online untuk membeli reksa dana. Cara investasi reksa dana online itu gampang banget, cukup install saja aplikasi Bareksa.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi bareksa, Bang? Gampang banget, kalian tinggal lengkapi saja data diri yang diminta. Lalu, untuk metode pembayaran juga lengkap banget dengan dukungan transfer bank atau dengan e-wallet.

Investasi Reksa Dana untuk Pemula Mulai 10 Ribuan

Ku pikir membeli reksa dana itu mahal banget, ternyata sangat terjangkau, lho. Aku bisa membeli reksa dana mulai dari 10 ribuan di aplikasi Bareksa, dan bagiku ini amazed banget, guys. Aku selalu membeli reksa dana syariah supaya lebih tenang sebagai muslim, hehehe.

Di aplikasi Bareksa lengkap banget, kita bisa membeli reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, campuran, dan indeks. Aplikasi bareksa cocok banget dijadikan investasi reksa dana untuk pemula sepertiku. Gambar di bawah ini adalah portofolioku selama kurang lebih 2 bulan menggunakan Bareksa.

cara investasi reksa dana online

Bayangkan saja jika uang 10 ribu yang kita miliki hanya untuk kegiatan konsumtif tanpa ada timbal balik, pasti menyesal banget, kan? Kita bekerja bukan hanya untuk saat ini saja, melainkan juga harus memiliki target keuangan masa depan.

Salah satu cara terbaik yaitu memanfaatkan aplikasi reksa dana online, seperti Bareksa. Aku selalu menyisihkan 10% dari penghasilanku untuk membeli investasi reksa dana syariah di Bareksa. Tujuanku membeli reksa dana online adalah untuk membentuk habbit atau kebiasaan dalam berinvestasi.

Mengapa Menggunakan Bareksa?

Mau tahu mengapa aku menggunakan Bareksa? Inilah review aplikasi Bareksa sesuai dengan pengalamanku menggunakan aplikasi Bareksa. Jadi, honestly aku baru menggunakan aplikasi Bareksa sejak Januari 2021, dan berikut alasan mengapa aku menggunakan aplikasi reksa dana Bareksa.

  1. Aplikasi Mudah Dipahami

Yup, mudah banget dan cocok bagi kalian yang ingin investasi reksa dana untuk pemula. User interface atau tampilannya sangat familiar, sehingga kita nggak terlalu bingung dalam menggunakannya. Selain itu, dilengkapi juga dengan informasi alokasi dana, prospektus, dan fund fact sheet yang bisa dilihat melalui aplikasi.

  1. Jenis Reksa Dana Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Bareksa memiliki beberapa jenis reksa dana untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Kita bisa membeli beberapa jenis reksa dana seperti pasar uang, pendapatan tetap, reksa dana saham, campuran, dan indeks.

  1. Metode Pembayaran Lengkap

Tentu saja lengkap banget dengan beberapa pilihan metode pembayaran, seperti transfer bank dan ­e-wallet. Nah, untuk meminimalisir biaya transfer gunakan metode pembayaran OVO dan Link Aja karena GRATIS, guys.

  1. Ada Simulasi Reksa Dana

Mau tahu prediksi hasil reksa dana kita untuk beberapa tahun ke depan? Tenang, karena di aplikasi Bareksa juga ada menu simulasinya, lho, sehingga kita bisa memprediksi berapa dana yang akan diinvestasikan dengan return yang diharapkan.

  1. Berita dan Analisis

Supaya wawasan kita tentang investasi semakin terbuka, Bareksa melengkapi beberapa artikel berita dan analisis seputar keuangan, ekonomi, dan hal lain yang berhubungan dengan investasi. Satu aplikasi saja sudah bisa membantu kita merencanakan masa depan, kan? Oh, iya. Bareksa juga menyediakan grup komunitas melalui Telegram.

investasi reksa dana untuk pemula

For your information bahwa Bareksa sudah mengantongi Lisensi APERD OJK sejak Februari 2016, dan menjadi Mitra distribusi SBN retail sejak 2018. Pesanku hanya satu, jangan tertipu dengan beberapa akun bodong yang mengatasnamakan Bareksa, ya. Jika mengetahui penipuan, segera laporkan, guys.

Semoga artikel tentang investasi reksa dana untuk pemula, mengelola keuangan, dan review aplikasi Bareksa ini bermanfaat.

Share