Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah, Inilah yang Dapat Dilakukan

Bahasa inggris merupakan suatu pengetahuan yang penting untuk dipelajari oleh setiap orang, terlebih lagi kepada anak-anak yang baru memulai untuk berkembang dalam hal pengetahuan karena Bahasa yang satu ini merupakan Bahasa global yang nantinya sangat diperlukan untuk karir. Meskipun Bahasa inggris sudah pasti diajarkan di British Jakarta Primary School,  penting juga bagi Anda sebagai orang tua untuk memberikan si kecil bimbingan kembali mengenai bahasa inggris di rumah secara intensif agar semakin terbiasa. Berikut ini adalah berbagai cara yang sekiranya dapat dilakukan bagi Anda untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris di rumah dengan cara yang menyenangkan.

British Jakarta Primary School

Menetapkan rutinitas

Tetapkan rutinitas untuk waktu bahasa Inggris Anda di rumah. Lebih baik memiliki sesi yang pendek dan sering daripada sesi yang panjang dan jarang. Lima belas menit sudah cukup untuk anak-anak yang masih kecil. Anda dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama seiring bertambahnya usia anak Anda dengan rentang konsentrasi yang meningkat. Buatlah kegiatan yang singkat dan bervariasi untuk menarik perhatian anak Anda. Cobalah untuk melakukan aktivitas tertentu pada waktu yang sama setiap hari.

Bermain permainan

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan menambahkan kosa kata. Ada banyak permainan lainnya yang dapat Anda mainkan dengan kartu, seperti Memory, Kim’s game, Snap atau Happy Families. Ada banyak jenis permainan lain yang dapat Anda mainkan dengan anak-anak Anda untuk membantu mereka berlatih bahasa Inggris.

Menggunakan situasi sehari-hari

Keuntungan mengajar bahasa Inggris di rumah adalah Anda dapat menggunakan situasi sehari-hari dan benda-benda yang ada di sekitar rumah untuk melatih bahasa inggris secara alami dan sesuai konteks. Misalnya, Ajarkan kosakata makanan saat Anda memasak atau berbelanja. Saat Anda pergi ke supermarket, berikan anak Anda daftar barang yang bisa ditemukan (gunakan gambar atau kata-kata tergantung pada kemampuan).

Menggunakan cerita

Anak-anak yang lebih kecil menyukai buku dengan warna-warna cerah dan ilustrasi yang menarik. Lihatlah gambar bersama-sama dan ucapkan kata-kata saat Anda menunjuk ke gambar. Nanti Anda dapat meminta anak Anda untuk menunjukkan hal-hal yang berbeda, misalnya, ‘Di mana kucingnya?’ Setelah beberapa saat, dorong mereka untuk mengucapkan kata-kata dengan bertanya ‘Apa itu?’ Mendengarkan cerita akan membuat anak Anda terbiasa dengan suara dan ritme bahasa Inggris.

Menggunakan lagu

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan. Lagu dengan gerakan sangat baik untuk anak-anak yang masih sangat kecil karena mereka dapat bergabung meskipun mereka belum dapat menyanyikan lagu tersebut karena gerakan sering menunjukkan arti kata-kata dalam lagu.

Itulah sederet hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa inggris si kecil selama di rumah dengan cara yang menyenangkan namun juga efektif. Semoga artikel ini bermanfaat!

Share