Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Berkualitas dan Berlian Asli

perhiasan berlian berkualitas

Berlian merupakan batu mulia terkeras sehingga perhiasan berlian berkualitas tidak akan mudah tergores. Perhiasan berlian asli biasanya akan dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Tidak hanya emas, perhiasan berlian semakin populer dan banyak diincar oleh kaum wanita. Tidak sedikit pasangan yang lebih memilih jenis berlian sebagai cincin pernikahannya.

Namun perlu hati-hati dalam membeli berlian agar mendapatkan perhiasan berlian asli. Salah satu penjual perhiasan berlian berkualitas yakni MONDIAL. Kamu tidak perlu ragu karena di MONDIAL, perhiasan berlian yang dijual asli dan berkualitas tinggi.

Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Berkualitas dan Perhiasan Berlian Asli

Jangan khawatir, cara menguji keaslian berlian bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan cukup sederhana. Berikut beberapa cara mengetahui perhiasan berlian asli atau palsu.

  1. Berlian asli tidak mengambang di air

Perhiasan berlian asli dengan kualitas tinggi bisa diketahui dengan cara memasukkannya ke dalam air. Berlian yang asli akan memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga seharusnya tenggelam saat dimasukkan ke dalam air.

Apabila berlian mengapung saat dimasukkan ke dalam air, kemungkinan berlian tersebut palsu atau telah dicampur dengan berlian palsu.

  1. Memiliki sertifikat

Ciri-ciri lain dari perhiasan berlian asli dan berkualitas yakni memiliki sertifikat. Umumnya, berlian dengan kadar 0,3 karat akan mendapatkan sertifikat. Apabila kamu membeli berlian tanpa sertifikat, maka kemungkinan berlian tersebut palsu.

  1. Tidak mudah pecah

Berlian dikenal sebagai batu mulia terkeras di Bumi. Jadi perhiasan berlian asli tidak akan mudah pecah meskipun mengalami benturan atau terbanting. Bahkan berlian asli dan berkualitas memiliki tingkat kekerasan mencapai 10 skala Mohs.

  1. Tidak mudah tergores

Selain tidak mudah pecah, berlian yang berkualitas dan asli juga tidak akan mudah tergores oleh kaca. Jika terjadi kerusakan atau tergores oleh kaca maka bisa dipastikan bahwa berlian yang kamu beli palsu.

  1. Bisa memantulkan cahaya

Berlian yang asli biasanya memiliki sisi-sisi yang tampak berkilauan dan cantik. Perhiasan berlian berkualitas juga akan bisa memantulkan cahaya dengan nuansa warna keabu-abuan.

Namun jika berlian palsu dan tidak berkualitas maka hanya bisa memantulkan cahaya dari sisi atas saja. Selain itu berlian palsu juga bisa memantulkan cahaya namun dalam berbagai warna.

  1. Tidak hancur saat dipanaskan

Berlian yang kuat tidak akan bereaksi apapun saat dipanaskan atau mengalami perubahan suhu. Kamu bisa menguji keaslian berlian dengan cara memanaskannya dalam waktu 40 detik.

Setelah dipanaskan, masukkan berlian ke dalam air dingin, lihat apakah mengalami keretakan atau tidak. Berlian asli tidak akan mengalami keretakan.

  1. Tidak bisa panas

Berlian asli tidak akan terasa panas atau hangat saat dipanaskan. Berlian akan tetap dingin meskipun dipanaskan dalam waktu yang lama. Hal ini karena berlian asli mampu menyebarkan panas dengan cepat.

Berlian palsu yang dipanaskan dengan api dalam waktu lama akan bisa terbakar bahkan juga bisa meleleh.

  1. Bentuk tidak jelas

Berlian yang asli dan berkualitas akan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Apabila perhiasan berlian asli yang kamu beli terlihat transparan dan tampak begitu rapi, kemungkinan itu adalah berlian palsu.

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana untuk menguji dan mengetahui perhiasan berlian asli atau palsu. Cara lain untuk menghindari membeli berlian palsu yakni dengan memilih para penjual terpercaya, salah satunya seperti di MONDIAL yang terjamin keasliannya.

Share